Big News!! Apasih Fungsi Puting bagi Laki – Laki?

Halo Sobat FOSCA! Balik lagi nih sama Mimin FOSCA dengan artikel terbaru~ Hari Rabu gini enaknya bahas apa ya? Tapi kalian pernah bertanya-tanya tidak sih tentang fungsi puting pada laki-laki, padahal laki-laki kan tidak menyusui seperti perempuan. Simak pembahasannya yuk!

Puting adalah bagian dari payudara manusia. Dalam dunia medis, ini disebut dengan nama papila. Baik wanita maupun pria dari semua usia memiliki papila pada payudaranya masing-masing.

Puting seorang pria juga dipercaya berfungsi untuk melindungi jantung dan paru-paru. Diketahui, puting akan jadi lapisan pertama pelindung organ jantung dan paru-paru saat terjadi kecelakaan agar tak menimbulkan cedera parah yang dapat menyebabkan gagalnya fungsi organ dan yang paling parah kematian.

MENGAPA LAKI-LAKI MEMILIKI PUTING? 

Ahli paleoantropologi dari Museum of Natural History di New York, Amerika Serikat, Ian Tattersall, menjelaskan pria dan perempuan, semua dibangun dari cetakan genetik yang sama.

“Kemudian tubuh laki-laki berkembang ke arah yang sedikit berbeda. Proses berkembang ke arah yang berbeda terjadi sejak di dalam rahim dan setelah mengalami pubertas,” jelas Tattersall seperti dikutip Live Science.

Dalam beberapa minggu pertama setelah pembuahan, embrio laki-laki dan perempuan akan berkembang dalam cara yang sama. Pada tahap ini, proses berkembangnya puting susu pria dan perempuan juga sama.

Seorang profesor biologi di Carleton University di Ottawa, Ontario, Andrew M. Simons menjelaskan alasan mengapa pria juga memiliki puting payudara.

“Puting payudara pada pria merupakan bentuk dari sebuah proses kelahiran manusia,” katanya, seperti dilansir dari Scientific American, Sabtu (6/5/2017). 

Begitu pun dalam jurnal Nature yang mencatat bahwa puting payudara pria merupakan anatomi mamalia yang sudah tercipta sejak dalam rahim.

Namun, ahli biologi, Maureen Dunbar dari Fakultas Kedokteran Universitas Yale dan rekan-rekannya telah mengidentifikasi protein yang disebut PTHrP dalam memengaruhi terbentuknya puting payudara pada pria dan wanita. Pada pria, reseptor hormon ini ternyata menyebabkan sel mammae (payudara) berhenti berkembang. 

Embrio yang berkembang ini awalnya mengikuti blueprint wanita, mulai dari organ reproduksi hingga puting susu. Baru setelah 60 hari, hormon testosteron muncul (kromosom Y), aktivitas genetik inilah yang mengubah alat kelamin dan otak, selain itu hal ini juga menginduksi perubahan yang mengarah pada pengembangan testis, yaitu organ yang membuat dan menyimpan sperma dan memproduksi testosteron.

Setelah testis terbentuk, janin laki-laki mulai memproduksi testosteron saat sekitar sembilan minggu masa kehamilan. Proses tersebut mengubah aktivitas genetik sel pada alat kelamin dan otak. Akan tetapi, puting pria tidak akan berkembang sebagaimana wanita.

Fungsi puting pada pria 

Nah kita sudah tau nih bagaimana puting terbentuk , tapi sesuatu yang diciptakan oleh tuhan pasti memiliki fungsi nya . Ayo kita cari tahu apa sih fungsi puting pada laki-laki 

Wanita dan pria sebenarnya memiliki banyak saraf di bagian puting. Sehingga sebenarnya, sangat mudah merangsang organ ini. Itu juga berarti, puting bisa memberi lebih banyak sensasi saat berhubungan seks. Puting laki-laki sama sensitifnya dengan puting wanita yang dapat memicu gairah seksual. Tetapi pria justru memiliki jaringan saraf yang lebih besar di area putingnya. Ini membuat respons sensorik mereka lebih sensitif saat distimulasi. Menurut ahli Jefferey menjelaskan puting pada pria sebenarnya juga bisa memiliki fungsi untuk laktasi, sama dengan wanita. Namun, saluran laktiferus dan area penghasil susu pada puting pria memiliki spektrum jauh lebih kecil dibandingkan dengan wanita, sehingga tak bisa digunakan untuk menyusui. Sedikit berkelakar, sang direktur pusat anatomi tersebut puting pria merupakan bonus dari Tuhan. Puting pada pria bisa memiliki fungsi sebagai organ penerima rangsangan seksual.

“Puting bukanlah struktur yang tidak berguna pada pria. Itu ada karena sangat sensitif. Zona erotis dalam diri kita sangat penting. Jadi, itu [puting] telah dipertahankan [pada dada pria] untuk tujuan itu,” beber Jefferey

Laki-laki juga dapat terkena kanker payudara loh nah dengan puting pria juga bisa mendeteksi kanker payudara dari putingnya. Gejala penyakit ini termasuk keluarnya cairan dari puting susu, kemerahan di sekitar puting, dan pembengkakan kelenjar getah bening di bawah lengan.

Nah sobat fosca, ternyata puting pada pria memiliki fakta yang unik lho. Penasaran? yuk kita bahas ada fakta menarik apa pada puting pria.

Apakah puting pria bisa untuk menyusui?

Menurut Jeffrey Laitman, Ph.D. selaku Direktur Pusat Anatomi dari Icahn School of Medicine at Mount Sinai,  New York, Amerika Serikat, puting pada pria sebenarnya juga bisa memiliki fungsi untuk laktasi, sama dengan wanita. Namun, saluran laktiferus dan area penghasil susu pada puting pria memiliki spektrum jauh lebih kecil dibandingkan dengan wanita, sehingga tak bisa digunakan untuk menyusui. Sedikit berkelakar, sang direktur pusat anatomi tersebut puting pria merupakan bonus dari Tuhan. Puting pada pria bisa memiliki fungsi sebagai organ penerima rangsangan seksual. 

Wah sobat FOSCA… Ternyata puting pada pria memiliki fungsi yang cukup banyak juga ya, tidak hanya sekedar pajangan dalam tubuh para pria saja. Mungkin itulah penjelasan yang bisa mimin jelaskan kepada kalian sobat FOSCA

Yuk baca juga artikel kami!
Think Before You Act; Dampak Perang bagi Suatu Negara

Source :

https://health.detik.com/ulasan-khas/d-2136850/puting-susu-laki-laki-apa-fungsinya

https://www.liputan6.com/health/read/2943308/tak-pengaruhi-seks-kenapa-pria-punya-puting-payudara

https://kumparan.com/kumparansains/mengapa-pria-memiliki-puting-di-dada-1uv7x8L0EAh

https://www.solopos.com/ternyata-ini-fungsi-puting-pada-pria-bisa-buat-menyusui-1187368

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top