Keistimewaan Bulan Syawal

Selamat Menjalani Hari, Sobat FOSCA

Kita baru saja menyelesaikan bulan Ramadhan dan sekarang berada di bulan Syawal, bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriah. Bulan Syawal disambut dengan sedikit antusias.

Mengapa begitu? Karena apabila dalam penanggalan telah menginjak 1 Syawal maka umat islam merayakan hari raya Idul Fitri. Masuknya bulan syawal biasanya dilihat menggunakan teleskop untuk mengamati bulan dari awal matahari terbenam loh Sobat FOSCA! Atau biasanya kita sebut dengan “Hilal” 

Syawal adalah bulan yang berbeda dengan nilai-nilainya sendiri. Berikut ini adalah beberapa keutamaan Syawal:

1) Syawal adalah bulan permulaan artinya inilah bulan ketika Umat Islam kembali kepada fitrahnya seperti semula ketika baru lahir hal itu diraih setelah berpuasa sebulan penuh dibulan Ramadhan. 

2) Syawal bulan Takbir Karena dibulan syawal ini umat islam bertakbir sebagai rasa Syukur setelah sebulan penuh berpuasa. Tanggal 1 Syawal adalah Idul Fitri, seluruh umat Islam di berbagai belahan mengumandangkan takbir. Maka, bulan Syawal pun merupakan bulan dikumandangkannya takbir oleh seluruh umat Islam secara serentak, paling tidak satu malam, yakni begitu malam memasuki tanggal 1 Syawal alias malam takbiran, menjelang Shalat Idul Fitri.

Kumandang takbir merupakan ungkapan rasa syukur atas keberhasilan ibadah Ramadhan selama sebulan penuh. Kemenangan yang diraih itu tidak akan tercapai, kecuali dengan pertolongan-Nya. Maka umat Islam pun memperbanyakkan dzikir, takbir, tahmid, dan tasbih. ”Dan agar kamu membesarkan Allah SWT atas petunjuk yang Ia berikan kepada kamu, dan agar kamu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diberikan” (QS. Al-Baqarah: 185).

3) Syawal bulan silaturahmi

Dibulan ini Umat Islam melakukan silaturahmi kepada keluarga yang dekat dan jauh. Dibandingkan bulan-bulan lainnya, pada bulan inilah umat Islam sangat banyak melakukan amaliah silaturahmi, mulai mudik ke kampung halaman, saling bermaafan dengan teman atau tetangga, halal bihalal, kirim SMS dan telepon, dan sebagainya. Betapa Syawal pun menjadi bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan Allah SWT karena umat Islam menguatkan tali silaturahmi dan ukhuwah Islamiyah

4) Syawal bulan pahala setahun

Kata nabi Muhammad saw barangsiapa yang berpuasa 6 hari dibulan syawal pahalanya bagaikan puasa setahun. Amaliah yang ditentukan Rasulullah SAW pada bulan Syawal adalah puasa sunah selama enam hari, sebagai kelanjutan puasa Ramadhan. “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh” (H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah).

5) Syawal bulan peningkatan

Syawal artinya peningkatan amal ibadah kepada Allah setelah puasa Ramadhan dilanjutkan di sebelas bulan setelahnya. Inilah keistimewaan bulan Syawal yang paling utama. Syawal adalah bulan “peningkatan” kualitas dan kuantitas ibadah. Syawal sendiri, secara harfiyah, artinya “peningkatan”, yakni peningkatan ibadah sebagai hasil training selama bulan Ramadhan. Umat Islam diharapkan mampu meningkatkan amal kebaikannya pada bulan ini, bukannya malah menurun atau kembali ke “watak” semula yang jauh dari Islam. Na’udzubillah.

6) Syawal bulan nikah

Bulan syawal adalah bulan yg baik untuk menorah. Dan terakhir ke enam bulan syawal adalah bulan pengamalan takwa kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut merupakan keistimewaan yang dapat kita temukan di bulan Syawal nih Sobat FOSCA, gimana kalian, sudah bisa menyesuaikan diri setelah berpuasa di bulan Ramadhan belum? hihihi kalo MinFos sih udah lancar makan nastar >.<

Penasaran ga sih tentang apa saja yang ada dikuar angkasa?!?! Yuk Cek! THE FERMI PARADOX

Source :

https://camatmandau.bengkaliskab.go.id/web/cetakberita/986

https://beritatangsel.com/2017/07/20/sekretaris-mui-tangsel-jelaskan-keistimewaan-bulan-syawal/

https://www.hijup.com/magazine/5-keistimewaan-bulan-syawal/

https://dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/amalan-bulan-syawal/amp

http://www.caramudahkebaitullah.com/2015/07/keutamaan-dan-keistimewaan-bulan-syawal.html?m=1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top